Kali
ini akan kita bahas mengenai sebuah tradisi yang banyak dilestarikan
oleh masyarakat, terutama di kalangan aktifis da’wah yang beramal tanpa
didasari ilmu, tradisi tersebut adalah tradisi bermaaf-maafan sebelum Ramadhan.
Ya, saya katakan demikian karena tradisi ini pun pertama kali saya
kenal dari para aktifis da’wah kampus dahulu, dan ketika itu saya amati
banyak masyarakat awam malah tidak tahu tradisi ini. Dengan
kata lain, bisa jadi tradisi ini disebarluaskan oleh mereka para
aktifis da’wah yang kurang mengilmu apa yang mereka da’wahkan bukan
disebarluaskan oleh masyarakat awam. Dan perlu diketahui, bahwa tradisi
ini tidak pernah diajarkan oleh Islam.
Mereka yang melestarikan tradisi ini beralasan dengan hadits yang terjemahannya sebagai berikut:
Ketika Rasullullah sedang berkhutbah pada Shalat Jum’at (dalam
bulan Sya’ban), beliau mengatakan Amin sampai tiga kali, dan para
sahabat begitu mendengar Rasullullah mengatakan Amin, terkejut dan
spontan mereka ikut mengatakan Amin. Tapi para sahabat bingung, kenapa
Rasullullah berkata Amin sampai tiga kali. Ketika selesai shalat
Jum’at, para sahabat bertanya kepada Rasullullah, kemudian beliau
menjelaskan: “ketika aku sedang berkhutbah, datanglah Malaikat Jibril
dan berbisik, hai Rasullullah Amin-kan do’a ku ini,” jawab Rasullullah.
Do’a Malaikat Jibril itu adalah:
“Ya Allah tolong abaikan puasa ummat Muhammad, apabila sebelum memasuki bulan Ramadhan dia tidak melakukan hal-hal yang berikut:
1) Tidak memohon maaf terlebih dahulu kepada kedua orang tuanya (jika masih ada);
2) Tidak bermaafan terlebih dahulu antara suami istri;
3) Tidak bermaafan terlebih dahulu dengan orang-orang sekitarnya.
Namun anehnya, hampir semua orang yang menuliskan hadits ini tidak
ada yang menyebutkan periwayat hadits. Setelah dicari, hadits ini pun
tidak ada di kitab-kitab hadits. Setelah berusaha mencari-cari lagi,
saya menemukan ada orang yang menuliskan hadits ini kemudian
menyebutkan bahwa hadits ini diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah (3/192)
dan Ahmad (2/246, 254). Ternyata pada kitab Shahih Ibnu Khuzaimah (3/192) juga pada kitab Musnad Imam Ahmad (2/246, 254) ditemukan hadits berikut:
عن أبي هريرة أن رسول الله صلى الله عليه و سلم رقي المنبر فقال :
آمين آمين آمين فقيل له : يارسول الله ما كنت تصنع هذا ؟ ! فقال : قال لي
جبريل : أرغم الله أنف عبد أو بعد دخل رمضان فلم يغفر له فقلت : آمين ثم
قال : رغم أنف عبد أو بعد أدرك و الديه أو أحدهما لم يدخله الجنة فقلت :
آمين ثم قال : رغم أنف عبد أو بعد ذكرت عنده فلم يصل عليك فقلت : آمين
قال الأعظمي : إسناده جيد
“Dari Abu Hurairah: Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam naik
mimbar lalu bersabda: ‘Amin, Amin, Amin’. Para sahabat bertanya :
“Kenapa engkau berkata demikian, wahai Rasulullah?” Kemudian beliau
bersabda, “Baru saja Jibril berkata kepadaku: ‘Allah melaknat seorang
hamba yang melewati Ramadhan
tanpa mendapatkan ampunan’, maka kukatakan, ‘Amin’, kemudian Jibril
berkata lagi, ‘Allah melaknat seorang hamba yang mengetahui kedua orang
tuanya masih hidup, namun tidak membuatnya masuk Jannah (karena tidak
berbakti kepada mereka berdua)’, maka aku berkata: ‘Amin’. Kemudian
Jibril berkata lagi. ‘Allah melaknat seorang hambar yang tidak
bershalawat ketika disebut namamu’, maka kukatakan, ‘Amin”.” Al A’zhami berkata: “Sanad hadits ini jayyid”.
Hadits ini dishahihkan oleh Al Mundziri di At Targhib Wat Tarhib (2/114, 406, 407, 3/295), juga oleh Adz Dzahabi dalam Al Madzhab (4/1682), dihasankan oleh Al Haitsami dalam Majma’ Az Zawaid (8/142), juga oleh Ibnu Hajar Al Asqalani dalam Al Qaulul Badi‘ (212), juga oleh Al Albani di Shahih At Targhib (1679).
Dari sini jelaslah bahwa kedua hadits tersebut di atas adalah dua
hadits yang berbeda. Entah siapa orang iseng yang membuat hadits
pertama. Atau mungkin bisa jadi pembuat hadits tersebut mendengar hadits
kedua, lalu menyebarkannya kepada orang banyak dengan ingatannya yang
rusak, sehingga berubahlah makna hadits. Atau bisa jadi juga, pembuat
hadits ini berinovasi membuat tradisi bermaaf-maafan sebelum Ramadhan,
lalu sengaja menyelewengkan hadits kedua ini untuk mengesahkan tradisi
tersebut. Yang jelas, hadits yang tidak ada asal-usulnya, kita pun
tidak tahu siapa yang mengatakan hal itu, sebenarnya itu bukan hadits dan tidak perlu kita hiraukan, apalagi diamalkan.
Meminta maaf itu disyariatkan dalam Islam. Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda,
Dari hadits ini jelas bahwa Islam mengajarkan untuk meminta maaf, jika berbuat kesalahan kepada orang lain. Adapun meminta maaf tanpa sebab dan dilakukan kepada semua orang yang ditemui, tidak pernah diajarkan oleh Islam. Jika ada yang berkata: “Manusia khan tempat salah dan dosa, mungkin saja kita berbuat salah kepada semua orang tanpa disadari”. Yang dikatakan itu memang benar, namun apakah serta merta kita meminta maaf kepada semua orang yang kita temui? Mengapa Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam dan para sahabat tidak pernah berbuat demikian? Padahal mereka orang-orang yang paling khawatir akan dosa. Selain itu, kesalahan yang tidak sengaja atau tidak disadari tidak dihitung sebagai dosa di sisi Allah Ta’ala. Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam,
Sehingga, perbuatan meminta maaf kepada semua orang tanpa sebab bisa terjerumus pada ghuluw (berlebihan) dalam beragama.
Dan kata اليوم (hari ini) menunjukkan bahwa meminta maaf itu dapat dilakukan kapan saja dan yang paling baik adalah meminta maaf dengan segera, karena kita tidak tahu kapan ajal menjemput. Sehingga mengkhususkan suatu waktu untuk meminta maaf dan dikerjakan secara rutin setiap tahun tidak dibenarkan dalam Islam dan bukan ajaran Islam.
Namun bagi seseorang yang memang memiliki kesalahan kepada saudaranya dan belum menemukan momen yang tepat untuk meminta maaf, dan menganggap momen datangnya Ramadhan adalah momen yang tepat, tidak ada larangan memanfaatkan momen ini untuk meminta maaf kepada orang yang pernah dizhaliminya tersebut. Asalkan tidak dijadikan kebiasaan sehingga menjadi ritual rutin yang dilakukan setiap tahun.
Wallahu’alam.
Penulis: Yulian Purnama
Artikel www.muslim.or.id
0 komentar:
Posting Komentar